Kebijaksanaan adalah putri dari pengalaman” Leinardo Da Vinci

Sudah lewat satu bulan pengalaman kemnas V di cibubur kami lewati, tepatnya kami berangkat pada tanggal 12 Februari 2023 dan sampai kembali di Padang pada tanggal 21 Februari 2023. Kegiatan Kemah Nasional JSIT berlangsung selama 4 hari yaitu dari tanggal 14-18 Februari 2023.

Sebelum berangkat di Hari Minggu, kami melaksanakan agenda pelepasan oleh Ketua Yayasan Adzkia Sumatra Barat beserta Jajarannya, ada 64 siswa dan 16 pendamping yang berangkat mengikuti agenda Kemnas V JSIT.

Semakin dekat waktunya, semakin rempong mempersiapkan apa yang mau dibawa, terbayang perjalanan 10 hari akan membutuhkan berbagai kebutuhan terutama akomodasi sandang dan pangan, pakaian dan makanan. Ana malamnya sistem kebut menyetrika pakaian yang akan dibawa. Disusun dalam kantong plastik ukuran 5 kg, pakaian untuk satu hari. Alhamdulillah selesai juga di pukul 24.00 WIB. Dengan 1 koper, 1 tas sandang semua kebutuhan sudah siap untuk dibawa besok paginya.

Kami berangkat dengan menggunakan Bus NPM Vircansa, fasilitas busnya keren, didalamnya kita duduk di kursi yang bisa selonjoran. Kami kontingen putri ada di Bus 2 paling tengah. Setelah terjadi haru biru pelepasan orang tua dan anak-anak yang bikin berkaca-kaca, Akhirnya kami bertolak ke tanah Jawa dengan doa wali murid, teman sejawat dan keluarga YASB semuanya. Bismillah…..kondisi dalam Bus yang BerAc membuat kami kedinginan, untung saja ada Jaket Kemnas. Ini adalah perjalanan perdana ana lewat jalur darat. Biasanya keluar dari pulau sumatra ini naik pesawat, yang dalam hitungan jam sampai. Perjalanan lewat jalur darat banyak sekali memberikan pengalaman, tentang setiap daerah yang berbeda kondisi airnya, oh iya kami singgah hanya untuk makan dan shalat šŸ™‚ Selama 3 hari kami menghabiskan waktu didalam bus vircansa ini.

Kami juga naik kapal di Pelabuhan Merak, perdana juga menaiki kapal, menurut ana lebih pusing naik kapal yang cuma 2 jam paling lama itu, daripada naik bus berjam-jam bahkan berhari-hari. But everything Alhamdulillah, semuanya memiliki kesan yang indah.

Alhamdulillah selama kegiatan KEMNAS V ini anak-anak tidak ada yang sakit, ada beberapa kejadian yang tidak terduga ada dialami di regu Putra, namun tak menyurutkan semangat anak-anak dalam mengikuti setiap acara yang dibuat oleh panitia Kemnas. Setiap hari bangun pukul 03.30 shalat tahajud bersama, lalu dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan Al maksurat. Kakak pendamping berbagi tugas mengontrol anak-anak dan menyiapkan makanan untuk mereka. Pukul 06.00 mereka mengikuti senam, selesai senam mereka siap-siap untuk ganti baju memulai kegiatan hari itu. Kondisi kamar mandi di Buperta Cibubur lumayan banyak, namun karena pesertanya juga banyak jadi tetap antri jika dilakukan di satu waktu. Akhirnya kami memilih untuk mandi sekali sehari saja, ana pun bisa mencuci disana, walaupun cuaca kadang medung namun sebentar-sebentar saja hujan, jadi bisa dikatakan selama disana suasananya mendukung. Ada satu hari yang hujan agak lebat, beberapa orang dari kita ada yang basah pakaiannya karena rembesen air masuk ke tenda dan mengenai tas yang kami bawa. Namun semua itu terlewati dengan membuat jemuran darurat.

Setiap hari kami mendapatkan bahan natura yang berisi sembako, dan itu sangat cukup untuk kami. Disamping itu kami juga membawa rendang dan beras 1 tekong masing-masing untuk jaga-jaga bila tak suka beras pulen. Tapi ternyata nggak seperti yang difikirkan juga kok, beras yang dikasih dari sana yang pulen pun, enak-enak ajah rasanya. Namun secara umum kami lebih banyak pakai beras yang kami bawa dari Padang, wal hasil beras pulen tersebut kami sedekahkan pada ibuk-ibuk yang lewat di sekitar tenda saat aksi bersih. Oh iya, bersyukur juga kami regu putri lokasi tandem tendanya dekatan, jadi dapurnya bisa dekat-dekatan, semua kegiatan bersama kami lakukan secara berjamaah, itu pula serunya hehe.

Semua agenda Kemnas V dapat kami laksanakan dengan baik, semoga memberikan pengalaman yang berharga bagi kita semua, terutama bagi generasi penerus ini, anak-anak siswa siswi yang ditakdirkan bisa mengikuti, semoga hari-hari yang kita lewati dengan penuh semangat, keyakinan, kedisiplinan, mental yang kuat, sabar, dan cerdas dalam menaklukkan setiap tantangan yang diberikan disetiap post menjadi cikal bakal untuk dapat dipraktekkan dalam kehidupan anak-anak sole soleha semua.

Itulah cerita Kemnas V JSIT di cibubur, beberapa hal yang perlu menjadi hal yang harus kita siapkan sebelum berangkat, adalah kesehatan fisik dan mental, dan juga materi, karena disana juga ada bazaar yang isinya sama seperti di pasar hehe…